Oleh-oleh Khas Kudus

3 min read

oleh oleh khas kudus yang terkenal

Setiap daerah pasti mempunyai beragam oleh-oleh khas dan itu berbeda-beda dengan  daerah yang lain. Khususnya Kota Kudus ini memiliki banyak aneka macam makanan atau jajanan ringan yang bisa dijadikan sebagai buah tangan.

Nah, saat Anda berkunjung ke Kota Kretek (Kudus) jangan lupa bawa pulang oleh-oleh untuk keluarga, teman, sahabat, rekan kerja dan sanak saudara. Langsung saja berikut ini oleh-oleh khas Kudus yang paling rekomendasi untuk dijadikan buah tangan.

Jenang

oleh-oleh khas kota kudus

Jenang adalah oleh-oleh yang paling fenomenal dan sudah terkenal di Kota-kota Indonesia. Sudah banyak toko-toko yang buka cabang di setiap daerah. Tapi lebih afdhol nya jika Anda langsung membeli ke toko pusat nya yang berada di Kota Kudus. Anda juga bisa langsung melihat cara produksinya.

Jenang adalah makanan ringan yang bentuk dan teksturnya sebenarnya mirip dodol. Cara membuatnya punya mirip dengan dodol-dodol lainnya. Jenang ini bahan utamanya terbuat dari tepung beras ketan, santan, gula kelapa dan lemak nabati.

Umumnya jenang ini di bandrol dengan harga mulai dari Rp. 35.000, tergantung varian rasanya. Jenang Kudus yang paling terkenal yaitu Jenang Mubarok dan Jenang Sinar 33.

Keciput

oleh oleh khas kudus selain jenang

Oleh-oleh khas Kudus yang satu ini merupakan salah satu jenis kue kering yang banyak diminati masyarakat atau wisatawan. Tampilan kue kering ini sebenarnya mirip dengan onde-onde, namun bentuknya lebih mungil, teksturnya lebih lembut dan rasanya lebih renyah.

Sebenarnya keciput ini hanya disajikan pada saat hari raya tiba dan bisa dipastikan rata-rata semua rumah masyrakat Kudus mensajikan keciput. Namun Anda jangan khawatir karena keciput ini bisa Anda dapatkan ketika di hari-hari biasa. Anda bisa dapatkan di toko oleh-oleh yang berada di Kudus.

Jangklong

pusat oleh oleh khas kudus

Jangklong adalah termasuk tumbuhan umbi-umbian yang dimana tumbuh subur di Kota Kudus tepatnya di lereng Gunung Muria. Makanan ini mengandung banyak vitamin B dan khasiatnya juga banyak. Diantaraya dapat mengurangi resiko kanker, jantung ataupun stroke.

Sangat bagus juga jangklong dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet. Ada banyak yang bisa Anda coba dalam memasak umbi-umbian jangklong, misalnya dibuat steak atau gorengan (dicampur dengan tepung kemudain digoreng).

Ceriping Pisang

oleh oleh khas pati kudus

Oleh-oleh khas kudus yang satu ini berbahan utama pisang. Cara pengolahan pisang nya tergolong unik berbeda dengan kebanyakan masyarakat daerah lain. Dalam memasaknya sangat mudah dan bisa Anda praktekan dirumah masing-masing.

Untuk resepnya Anda bisa search di google ada banyak yang sudah membahasnya. Tapi jangan lupa untuk menyediakan bahannya dan alat-alat yang diperlukan.

Madu Mongso

toko oleh-oleh khas kudus

Madu mongso adalah makanan ringan khas Kudus yang mempunyai warna kecoklatan dan teksturnya legit serta rasanya manis. Madu mongso dalam kemasannya sangat unik dan menarik pembeli, yaitu menggunakan kertas warna-warni. Namun selain itu juga ada yang hanya dibungkus warna putih.

Biasanya makanan ringan ini disajikan saat lebaran saja di Kudus. Namun pada saat hari biasa juga banyak yang menjual madu mongso. Karena madu mongso sekarang banyak diproduksi oleh home industri di penjuru Kota Kudus. Anda tidak perlu susah-susah mencari muterin Kota Kudus, madu mongso ini pasti tersedia di toko-toko oleh-oleh yang ada di Kudus.

Intip Ketan

oleh oleh khas kudus jateng

Oleh-oleh khas Kudus selanjutnya yaitu sejenis jajanan tradisional yang berbahan dasar ketan. Dalam pembuatannya yaitu ketan yang dihaluskan kemudian dicampur dengan parutan kelapa lalu dimasak diatas wajan yang terbuat dari wajan tanah. Dan tak lupa juga diberi taburan gula putih diatasnya agar lebih manis rasanya.

Harga satu gulung intip ketan sangatlah murah, dibandrol hanya Rp. 2.000,- . Namun, jajanan ini sangat sulit didapatkan di Kota Kudus. Anda hanya bisa mendapatkan saat tiba acara Dandangan (event besar sebelum bulan ramadhan di Kota Kudus).

Rengginang

oleh oleh khas kudus

Selain keciput yang wajib ada saat lebaran, makanan rengginang juga banyak disajikan saat idul fitri. Rengginang ini juga termasuk makanan tradisional Kota Kudus dan sampai sekarang masih eksis. Makanan ini berbahan utama beras ketan yang direndam di air, kemudian dijemur diterik matahari, setelah kering baru di goreng.

Tekstuk dan penampilannya berbentuk bulat pipih, namun ada juga yang berbentuk bulat. Rengginang Kudus ini banyak di produksi di industri rumah tangga, maka dari itu makanan ini mudah didapatkan.

Geplak Sari

makanan oleh oleh khas kudus

Makanan khas Kudus ini memiliki warna yang menarik dan rasanya dominan manis. Geplak sari juga banyak disajikan masyarakat Kudus saat lebaran tiba. Namun jajanan ini sangat sulit ditemui saat hari-hari biasa, karena sudah tergeser dengan makanan kekinian. Tetapi ada juga yang masih memproduksinya yaitu masyarakat yang tinggal di Desa Padurenan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

Tape Ketan

oleh oleh khas kudus jawa tengah

Tape ketan berbahan utama dari beras ketan dan singkong yang dicampur. Makanan ini sangat legendaris dan sudah ada sejak zaman nenek moyang. Dalam pembungkusannya yaitu menggunakan daun pisang. Tape ketan banyak disajikan saat ada acara khajat di Kota Kudus. Makanan legendaris ini masih banyak di produksi oleh masyarakat Kudus, khususnya warga Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus.

Lepet

oleh oleh khas kudus yang terkenal

Oleh-oleh Khas Kudus selanjutnya yaitu lepet, makanan ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kelapa parut. Lepet ini juga memiliki bungkusan yang unik yaitu dari daun kelapa.  Varian isi dari lepet ini biasanya adalah kacang tolo, namun sekarang mengalami perkembangan yaitu bisa diisi dengan nangka atau pisang.

Lepet ini biasa disajikan pada saat lebaran tiba, sehingga lepet ini dibuat sebagai simbol permintaan maaf. Seperti dengan arti dari namanya yaitu “lepet” berasal dari kata luput yang artinya kesalahan. Jadi Anda hanya bisa mendapatkan makanan ini saat hari lebaran saja.

Itulah ulasan mengenai beberapa oleh-oleh khas Kudus yang bisa Anda jadi kan refrensi saat berkunjung ke Kota Kudus. Sebenarnya masih ada banyak sekali makanan khas Kudus yang paling legendaris dan difavoritkan banyak orang. Tunggu saja update artikel di website cateringkudus.com ini.

Makanan Khas Kudus

catering
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *