Makanan Khas Kudus

3 min read

makan khas kudus

Kudus adalah salah satu daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kudus ini termasuk kota yang kecil, namun penuh denga ragam budaya dan kuliner nya. Dengan banyak nya makanan khas Kudus ini, banyak pengunjung atau wisatawan yang ingin berlama-lama atau kembali lagi ke Kota Kudus.

Kuliner merupakan salah satu yang wajib di coba ketika sedang berkunjung disuatu tempat atau di Kota lain. Dikarenakan setiap daerah pasti memiliki suatu makanan yang khas, cita rasa yang berbeda dengan tempat lain. Hal itu lah yang banyak diburu oleh para traveller. Seperti di daerah Kudus sendiri memiliki beberapa makanan khas yang wajib Anda coba.

Nah, sekarang ini kami paparkan beberapa makanan khas Kudus yang legendaris dan sudah banyak peminat nya di penjuru Nusantara. Dan bagi yang sudah sering berkunjung ke Kota Kudus ini pasti sudah tidak asing dengan makanan-makanan di bawah ini.

Soto Kudus

makanan khas kudus

Makanan khas Kudus satu ini yang sangat familiar di masyarakat Indonesia, karena banyak cabang-cabang warung yang buka di Kota lain. Mungkin sudah tidak asing dengan makanan soto karena setiap daerah menyajikannya. Namun soto Kudus ini jelas berbeda dengan yang lainnya. Soto Kudus ini biasanya disajikan dengan menggunkan mangkok yang kecil, dan didalam nya terdapat berbagai sayuran daging.

Soto Kudus disajikan langkap dengan nasi putih, daging ayam, seledri, tauge dan juga kuah. Tambahan lain biar rasa lebih nikmat dan nendang yaitu di dikasihkan dengan irisan jeruk nipis dan bawah goreng sebgai penyedap.

Soto Kerbau

makanan khas kudus jawa tengah

Daging kerbau merupakan bahan utama yang banyak dijadikan sebagai olahan masakan oleh masyarakat Kudus. Salah satunya yaitu soto kerbau ini, dalam penyajiannya ini tidak jauh dengan soto Kudus pada umumnya, hanya saja soto kerbau menggunkan daging kerbau. Soto ini tidak seperti soto lainnya yang menggunkan daging ayam dan sapi. Salah satu tempat yang menyajikan soto kerbau paling legendari dan terkenal adalah Warung soto kerbau Bu Jatmi atau Bu Dibyo.

Nasi Pindang Kerbau

makanan khas kudus dan ciri khasnya

Makanan khas Kudus satu ini juga berbahan utama daging kerbau. Selain irisan daging kerbau makanan khas ini juga ditaburi dengan daun melinjo sebagai pelengkap sajian nasi pindang. Makanan ini juga diberi kuah santan yang enak dan gurih serta sedikit kental yang membuat cita rasa lebih mantap. Tak lupa juga makanan pendamping nya yaitu krupuk, dijamin lebih mantul.

Sate Kerbau Kudus

makanan khas kudus jawa tengah

Makanan ini berbahan utama daging kerbau juga. Sate kerbau ini adalah makanan yang cukup legendaris dan difavoritkan oleh masyarakat Kudus. Untuk memasaknya pun sama dengan sate-sate yang lainnya, yaitu dicincang dulu daging nya kemudian dimemarkan (dengan cara dipukul-pukul). Setelah itu dibumbui, campurkan semua bahan-bahannya dan dimasak. Diamkan dulu sekitar 30 menit agar bumbu-bumbu nya meresap. Baru kemudian ditusuk dan dibakar.

Bumbu dalam penyajiannya pun juga menambah cita rasa daging kerbau yang enak. Diantara nya ada campuran serundeng, kacang tanah dan irisan bawang merah dan putih.

Pecel Pakis Colo

Makanan khas Kudus ini sebenarnya tidak jauh beda dengan makanan pecel lainnya. Pecel pakis Colo  yang membedakan yaitu dibuat dari tanaman paku-pakuan. Tanaman ini umumnya tumbuh di dinding sumur. Selain tanaman paku-pakuan makanan ini juga disajikan dengan sayuran-sayuran lainnya.  Seperti kacang panjang, tauge, atau bayam yang membuat lebih lengkap hijau-hijauan nya. Untuk bumbunya sendiri terbuat dari gula merah, garam dan juga cabai keriting.

Garam Asem Kudus

Anda semuanya pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan garang asem ini, yang mana ini adalah makanan khas dari daerah Kudus. Makanan garang asem sendiri terbuat dari daging ayam yang kemudian di tuangkan dengan kuah santan yang nikmat. Untuk memasaknya dan membungkusnya yaitu menggunkan daun pisang , sehingga membuat cita rasa lebih sedap. Garam asam sendiri menawarkan rasa yang asam dan juga pedas, itu membuat Anda pasti ketagihan saat mencicipinya.

Lentog Tanjung

makanan khas kudus dan pati

Lentog Tanjung ini berasal dari  Desa Tanjung Karang Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Sesuai namanya sendiri, menandakan bahwa makanan ini berasal dari Desa Tanjung. Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Kudus pasti akan asing dengan makanan ini. Lentog Tanjung dibuat dari lontong yang diiris kemudian di tuahkan kuah sayur nangka muda, dan juga ditambah lodeh tahu serta sambal. Tak lupa juga biasanya terdapat telur rebus atau telur puyuh dalam penyajiannya.

Makanan khas Kudus satu ini hanya bisa Anda temui di kota Kudus. Sehingga tidak akan kamu temui di daerah lain. Dengan perpaduan dengan beberapa sayuran dan ditambah dengan sambal membuat lentog tanjung lebih mantap dan nikmat pastinya.

Opor Bakar Sunggingan

makanan khas kudus jateng

Sesuai dengan nama nya makanan ini berasal dari salah satu Kelurahan yang ada di Kudus yaitu Sunggingan. Opor bakar Sunggingan termasuk makanan yang tergolong unik dalam cara memaasaknya. Mungkin Anda semua sudah mengenal makanan opor yang dimasak dengan menggunakan santan. Tetapi lain dengan opor ini di masak dengan dibakar. Dengan cara memasaknya dibakar, maka makanan ini disebut dengan “Opor Bakar”.

Untuk urusan rasa makanan khas Kudus ini tidak kalah dengan lainnya. Anda pasti akan ketagihan jika sudah mencicipi masakan opor bakar Sunggingan ini.

Ayam Gongso

makanan khas kudus jenang

Ayam gongso merupakan makanan khas Kudus yang berbahan utama ayam yang dimasak dengan campuran bumbu kecap dan cabai. Cita rasa ayam gongso ini sudah pasti manis dan gurih serta sedikit pedas (bisa request tingkat kepedasannya). Dalam penyajian ayam gongso disajikan dengan nasi putih hangat atau bisa juga dengan nasi goreng.

Nasi Jangkrik Daun Jati

makanan khas kudus dan resepnya

Makanan khas daerah Kudus ini banyak dijajakan di sekitaran Masjid Menara Kudus. Makanan satu ini termasuk unik dalam pembungkusannya yaitu dengan menggunakan daun jati yang mana menambah aroma nya lebih nikmat dan enak. Untuk menu nasi jangkrik ini ada daging kerbau yang empuk dan bumbu jangkrik yang pedas sebagai pelengkapnya.

Nama jangkrik sendiri hanya saja untuk menarik pelanggan biar penasaran, padahal didalamnya tidak terdapat jangkrik. Nasi ini biasanya di bagikan dengan gratis pada saat tanggal 10 Muharram atau bertepatan dengan tradisi buka luwur di Menara Kudus.

Nah, itulah 10 makanan khas Kudus yang cukup legendaris dan terkenal di kalangan masyarakat Kudus atau lokal maupun wisata mancanegara. Semoga kita semua bisa lebih mengenal budaya-budaya lokal didaerah kita masing-masing dan tetap melestarikannya, khususnya kuliner Kudus ini.

 

 

Oleh-oleh Khas Kudus

catering
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *